Senin, 28 Januari 2013

Pesan dan Kesan Selama saya di STIKES Nani Hasanuddin Makassar


Setelah saya dinyatakan lulus masuk STIKES NANI HASANUDDIN MAKASSAR. Kami mahasiswa baru diwajibkan untuk mengikuti kegiatan pra BPKM dan BPKM. Kegiatan itu berlangsung selama enam hari. Banyak aturan-aturan yang harus kami patuhi yang terasa  berat bagi saya. Pada awalnya saya merasa takut untuk mengikuti kegiatan ini karena mendengar cerita-cerita dari luar bahwa biasanya penerimaan mahasiswa baru, senior-senior selalu mencari-cari kesalahan mahasiswa baru agar senior-senior dapat menhukum dan mengomeli junior. Tetapi setelah saya jalani ternyata kegiatan tersebut sangat bertolak belakang dengan apa yang saya pikirkan selama ini tidak ada cacian ataupun omelan yang terdengar,yang terdengar hanya canda tawa senior dan junior. Keakraban saat itu benar-benar terjalin. Banyak kegiatan-kegiatan positif yang saya dapatkan selama mengikuti kegiatan tersebut. Banyak materi-materi yang diberikan yang mampu membuka wawasan saya menjadi lebih berkembang. Dalam kegiatan itu saya masuk kelompok 30 yang beranggotakn 25 orang. Dan saya mendaptkan teman dekat yaitu Farida dan Emi. Mereka sangat baik dan bisa diajak berbagi pengalaman. Adapun tujuan kegiatan ini agar membina keakraban antara MaBa dan senior,antara MaBa dan Dosen juga anatara teman-teman lain.  Kami juga diberi kesempatan untuk bertemu dan mengenal  dosen STIKES NANI HASANUDDIN .Awalnya kegiatan itu berjalan lancar tanpa ada gangguan tetapi setelah hari terakhir banyak teman-teman yang kesurupan sehingga panitia kewalahan mengurus para mahasiswa baru yang kesurupan.  Kemudian kegiatan ini diakhiri dengan pemutaran video yang di rekam selama kegiatan pra BPKM dan BPKM, setelah pemutaran video,Diadakan upacara penutupan untuk mengakhiri kegiatan pra BPKM dan BPKM sekaligus ditetapkan kami semua sebagai mahasiswa STIKES NANI HASANUDDIN dengan nama angkatan DNA.
Pada tanggal 24 september  2012 untuk pertama kalinya saya merasa sebagai mahasiswi bertemu dengan teman-teman baru  yang berasal dari berbagai daerah.  Awal mengikuti kuliah saya merasa gugup, minder, canggung saat bertemu dengan teman-teman yang lain.saya takut saat itu saya tidak mampu bersaing dengan teman-teman lain,tetapi ternyata ketakutanku itu tidak terbukti. Tiba saatnya,Saat pembagian kelas saya masuk kelas A2 dengan  wali kelas pak Ardian. Kemudian kami memilih ketua tingkat secara demokrasi dan ternyata yang terpilih menjadi ketua tingkat adalah kak Martin.
Organisasi pertama yang saya ikuti adalah organisasi PMK ( Persekutuan Mahasiswa Kristen ) STIKES NANI HASANUDDIN Makassar yang di ketuai oleh kak Lovi. Banyak pelajaran yang saya dapat saat mengikuti organisasi ini,dimana kita di ajar unutk lebih berani tampil didepan umum.
Setelah beberapa bulan saya mengikuti kuliah saya menyadari bahwa bangku kuliah ternyata berbeda dengan bangku SMA. Kalau di SMA dulunya,murid-murid bergantung pada gurunya…  Tapi setelah saya masuk kuliah,ada nuansa lain yang terasa, dimana kita sebagai mahasiswa sepertinya harus lebih aktif. Ternyata kuliah juga mengajarkan kita untuk lebih mandiri,dan tidak bergantung pada orang lain.  Tapi ada juga saat-saat saya merasa kesal saat kuliah,saat-saat itu adalah saat kita sudah lelah menunggu kedatangan dosen selama beberapa jam,tapi ternyata dosennya tidak bias masuk dan kegiatan perkuliahan di batalkan untuk hari itu. Jika sudah seperti itu,maka tidak ada lagi yang dapat kita lakukan selain pulang dengan wajah kesal dan hati jengkel,kadang-kadang disertai dengan omelan. tapi, biasanya saat kami mulai mengomel,kak martin lah yang membantu memberi  kami sedikit pengertian bahwa dosen juga memiliki banyak tugas dan kewajiban di tempat lain. Jika ada saat-saat mengesalkan,maka ada juga saat-saat yang menyenangkan  saat kuliah di STIKES Nani Hasanuddin Makassar,yaitu saat pertama kalinya saya akan masuk LAB menggunakan baju LAB,ada perasaan bangga dan senang saat saya menggunakan baju tersebut.  Ada banyak Pengalaman baru bersama dosen tutor dan teman-teman kelompok Tutor G (sekedar info,saya masuk kelompok tutor G) dosen pembimbing kami adalah  ibu Ernawati.  Saat menyenangkan yang lain adalah saat kegiatan kuliah kita mendengarkan pengalaman-pengalaman pribadi dari dosen tentang dunia keperawatan,yang sedikit demi sedikit bisa membuka wawasan saya tentang seperti apa dunia keperawatn itu sesungguhnya,pengalaman yang selalu saya jadikan motivasi dalam menjalani masa-masa kuliah. Saya berharap kedepannya STIKES Nani Hasanuddin menjadi lebih baik lebih unggul dalam segala hal,unggul dalam mutu,integritas dan karya,yang mampu mencetak perawat-perawat masa depan yang berkualitas,penuh loyalitas dan professional. Saya juga berharap untuk kedepannya kedisiplinan waktu lebih diterapkan di kampus STIKES kita ini,agar nantinya saat kita selesai di bangku kuliah kebiasaan yang buruk ini tidak terbawa-bawa di dunia kerja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar